Jika anda punya kritik, saran, atau masalah dengan blog kami silahkan tinggalkan Komentar.

Kritikan dan Saran anda sangat berarti untuk menjadikan kami menjadi lebih baik.

Kamis, 28 Juni 2012

Resiko Dibalik Seksi-nya High Heels

Wanita akan tampak lebih seksi jika menggunakan sepatu high heels. Namun, jika terlalu sering dipakai dengan tinggi lebih dari 3 CM, bisa mengundang ‘penderitaan’ panjang.

Menurut spesialis bedah ortopedi, Dr SpB SpOT Mulyono Soedirman, sepatu hak tinggi akan berdampak pada perubahan bentuk tulang kaki bila dikenakan oleh anak-anak.

Orang dewasa pengguna sepatu hak tinggi tidak berisiko mengalami perubahan tulang kaki seperti anak-anak. Namun sebaiknya tinggi hak sepatu tidak lebih dari tiga cm jika ingin digunakan secara rutin. "Banyak risiko eksternal seperti jatuh dan nyeri pergelangan kaki, apalagi untuk mereka yang tidak terbiasa," ujar Dr. Mulyono.

Keluhan nyeri pada pergelangan kaki sering datang akibat pemilihan sepatu yang kurang tepat. Sebaiknya hanya memakai sepatu hak tinggi bersol empuk agar tidak menimbulkan rangsangan berlebihan pada telapak kaki.

Beberapa peneliti mengungkapkan, penggunaan high heels masih bisa ditoleransi, asal tingginya pas dan aman. Idealnya, menurut para peneliti, tinggi high heels tak boleh lebih dari 1 inci. High heels yang memiliki tinggi lebih dari 1 inci akan lebih mudah mencederai kaki, bahkan jika dikenakan secara rutin maka bentuk kaki akan lebih mengikuti sepatu yang biasa dikenakan.

Bahaya memakai high heels antara lain, kaki akan mudah cedera, terutama bagian ankle, otot kaki bagian bawah tidak akan bekerja maksimal, peredaran darah tidak akan lancar dan terhambat di beberapa tempat, otot lebih mudah cedera dan berkumpul pada suatu tempat, karena aliran darah yang tidak lancar

Ganguan lain, badan cenderung condong ke depan, sehingga perlahan tapi pasti tulang punggung tidak akan tegak dan lurus, tetapi condong ke depan. Tekanan pada jari-jari kaki lebih besar, sehingga pada umumnya jari kaki akan berbengkok, bentuknya tidak lagi alami seperti biasanya

Beberapa peneliti sempat menyebutkan bahwa high heels mampu mempengaruhi ketidaklancaran sistem urogenital, mereka yang mengenakan high heels, sistem pembuangannya tidak lancar, sulit membuang air besar maupun air kecil

High heels juga akan mempengaruhi bentuk tulang dan postur tubuh, mempengaruhi kesuburan dan hasrat seksual.

Artikel Terkait

2 komentar: