Jika anda punya kritik, saran, atau masalah dengan blog kami silahkan tinggalkan Komentar.

Kritikan dan Saran anda sangat berarti untuk menjadikan kami menjadi lebih baik.

Sabtu, 23 Juni 2012

Google Memperingati 100 Tahun Kelahiran Alan Turing


Google hari ini (23 Juli 2012) memperingati 100 tahun kelahiran Alan Turing, beliau merupakan metematikawan Inggris sekaligus insinyur komputer. Alan Turing sangat berjasa dalam perkembangan ilmu komputer, terutama dikenal sebagai pencetus konsep algoritma dan komputerisasi dengan mesin Turing ciptaannya. Atas jasanya dalam proses komputerisasi modern, beliau mendapat gelar bapak ilmu komputer dan kecerdasan buatan.

Selama Perang Dunia II, Turing bekerja untuk GCCS di Bletchley Park, sebuah pusat pengkodean di Inggris. Untuk sementara waktu ia menjabat sebagai kepala Hut 8, bagian yang bertanggung jawab untuk pembacaan sandi angkatan laut Jerman. Dia menemukan sejumlah teknik untuk memecahkan cipher Jerman, termasuk cara Bombe, sebuah mesin elektromekanis yang dapat menemukan pengaturan untuk mesin Enigma.

turing alanSetelah perang ia bekerja di National Physical Laboratory, di mana ia menciptakan salah satu desain pertama untuk sebuah progam tersimpan komputer, bernama ACE. Pada tahun 1948 Turing bergabung dengan Laboratorium Komputasi Max Newman di Manchester University, di mana ia membantu dalam pengembangan komputer Manchester dan kemudian tertarik pada matematika biologikal. Dia menulis sebuah makalah tentang dasar kimia morfogenesis, dan dia memperkirakan reaksi kimia berosilasi seperti reaksi Belousov-Zhabotinsky, yang pertama kali diamati pada tahun 1960.
Homoseksualitas membuat Alan Turing dituntut pidana pada tahun 1952, ketika tindakan homoseksual masih ilegal di Inggris. Ia menerima pengobatan dengan hormon wanita (pengebirian kimia) sebagai alternatif masuk penjara. Dia meninggal pada tahun 1954, hanya dua minggu sebelum ulang tahunnya yang ke-42, akibat keracunan sianida. Penyelidikan menyebutkan bahwa Alan bunuh diri, ibunya dan beberapa orang lain percaya kematiannya adalah kecelakaan. Pada tanggal 10 September 2009, menyusul kampanye internet, Perdana Menteri Inggris Gordon Brown membuat permintaan maaf publik resmi atas nama pemerintah Inggris untuk cara di mana Turing dirawat setelah perang.

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar