Jika anda punya kritik, saran, atau masalah dengan blog kami silahkan tinggalkan Komentar.

Kritikan dan Saran anda sangat berarti untuk menjadikan kami menjadi lebih baik.

Jumat, 03 Agustus 2012

Menu Sehat saat Sahur dan Berbuka

Dibulan Ramadhan ini seluruh umat Islam diwajibkan untuk berpuasa menahan lapar dan haus, namun hal tersebut jangan jadikan sebagai alasan untuk kita menjadi mengurangi aktivitas harian.

Agar tubuh menjadi fit selama puasa kiranya kita harus pandai-pandai menjaga stamina dan kesehatan tubuh, untuk itu saya akan memberikan beberapa tips Makanan Sehat saat berbuka dan saat sahur :



Pada Saat Sahur :
  • Konsumsilah makanan bergizi meskipun dengan menu yang sangat sederhana, tetapi yang penting berisi lima unsur gizi komplit seperti lemak, protein, vitamin, karbohidrat dan mineral.
  • Agar bisa menahan rasa lapar sebaiknya mengkonsumsi jenis makanan yang berserat seperti yang terdapat pada sayur-sayuran dan buah-buahan. Tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk mencerna makanan yang banyak mengandung serat.
     
  • Perbanyak meminum air putih agar mencegah dehidrasi tubuh dengan cara minum 8 - 10 gelas perhari.
     
  • Makan jenis makanan yang berkarbohidrat kompleks seperti nasi merah, ubi, spageti, atau bubur kacang hijau. Jenis karbohidrat ini lebih tahan lama dalam membuat darah menjadi stabil.



Pada Saat Berbuka :

  • Pada saat berbuka awali dengan makanan  atau minuman yang hangat dan manis seperti kurma, teh manis hangat, ataupun minum-minuman manis lainnya. Ini sangat penting untuk menormalkan kembali kadar gula tubuh kita. Tapi yang perlu anda ingat bahwa jangan mengkonsumsi minuman bersoda, karena dapat menimbulkan masalah buruk bagi perut anda.
     
  • Jangan lansung meminum es atau air dingin agar menghindari perut kembung, awalilah buka anda dengan minuman yang hangat-hangat.
     
  • Jangan makan terburu-buru dan terlalu banyak agar lambung tidak "kaget". Dengan demikian kerja lambung tidak terlampau berat karena lambung membutuhkan ruangan kosong untuk mencerna makanan.
     
  • Bagi yang memiliki berat badan yang melebihi berat badan ideal sebaiknya menghindari makanan yang berkolerstrol tinggi, seperti lemak hewan, margarin, mentega.
     
  • Sedangkan bagi mereka yang terlalu kurus selama berpuasa sebaiknya menambah porsi susunya dan menghindari makanan yang sulit dicerna seperti sayuran berserat kasar, misalnya daun singkong, daun pepaya.

    Bagi yang lanjut usia aturlah pola makan dengan makan dengan jumlah yang sedikit namun harus dilakukan berkali-kali.
     
  • Para nabi menganjurkan untuk kita untuk berbuka dengan 3 buah Kurma

Selamat mencoba, semoga dengan membaca artikel ini puasa anda semakin lancar dan tubuh anda menjadi lebih sehat.

Baca Juga = Khasiat Buah Kurma




Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar