Jika anda punya kritik, saran, atau masalah dengan blog kami silahkan tinggalkan Komentar.

Kritikan dan Saran anda sangat berarti untuk menjadikan kami menjadi lebih baik.

Kamis, 19 Juli 2012

Terlalu Sering Ke Mall Dapat Merusak Pendengaran Anak

Saya sangat yakin bahwa kalian pasti pernah ataupun sangat sering pergi ke mall, namun tahukah anda bahwa terlalu sering ke mall itu dapat merusak pendengaran.? mengapa?

Ketua Komnas Penanggulangan Gangguan Pendengaran dan Ketulian Damayanti Soetjipto mengatakan bagi anak-anak, bermain di mal memang menyenangkan. Namun juga bisa mengganggu pendengaran mereka.

Bermain di mal berbahaya bagi anak-anak dan memicu terjadinya gangguan pendengaran atau ketulian sebab kebisingan di dalam wahana permainan anak dalam pusat perbelanjaan mencapai 128 desibel. Sementara batas aman bising hanya sampai 80 desibel. Itupun harus memakai pelindung telinga.



Damayanti menjelaskan bahwa mesin-mesin di sejumlah mal melebihi batas yang ditetapkan, namun cukup banyak orangtua justru tidak menyadari dan membiarkan anak-anak mereka bermain hingga berjam-jam lamanya di pusat permainan.

Berdasarkan monitoring dan mapping Komnas PGKT pada tempat hiburan anak-anak di mall 16 kota besar, diantaranya Aceh, Medan, Padang, Batam, Palembang, Jakarta, Cikarang, Tangerang, Bandung, Surabaya, Bali, Banjarmasin, Makassar dan Manado, didapati rata-rata tingkat kebisingannya mencapai 94,4 - 128 desibel.

Ketulian pada anak dapat mengganggu perkembangan kognitif, psikologi dan sosial, yang akan mengganggu perkembangan komunikasinya, buruknya akademik di sekolah, sehingga berpengaruh pada kemandiriannya pada saat dewasa dan rentan mengalami gangguan fisik dan mental.

WHO menyebutkan bahwa terdapat sedikitnya 4,2% atau sekitar 250 juta penduduk dunia menderita gangguan pendengaran. Dan sebanyak 5 - 140 juta diantaranya terdapat di ASEAN. Indonesia termasuk empat negara di ASEAN dengan prevalensi ketulian cukup tinggi, yaitu sekitar 4,6%, adapun morbiditas paling tinggi terjadi pada usia sekolah 7 - 18 tahun.




Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar